Martapura, InfoPublik – Melihat potensi tinggi yang berpeluang memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat Kabupaten Banjar khusunya di Kecamatan Simpang Empat dengan dibantunya Alat Penyulingan Minyak Serai.

Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Banjarmasin atas bantuan Alat Penyulingan Minyak Serai di Desa 3A, Kamis (16/6/2022).

Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati mengapresiasi setinggi tingginya kepada Politeknik Banjarmasin yang sudah membantu, ini akan berpeluang dalam mensejahterakan pendapatan pelaku UMKM.

Diharapkannya, setelah ada bantuan ini agar masyarakat terus menanam komoditas bahan baku tidak hanya berada di lahan kebun serai, tapi juga  menanam di pekarangan rumah maupun lahan kosong milik masyarakat.

“Masyarakat ikut andil dalam membudidayakan tanaman serai sehingga jumlah bahan baku akan tercukupi dan tidak berhenti di tengah jalan karena kurang nya bahan,”tutur Made.

Ditambahkan Made untuk kegiatan pemasaran akan dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Miko Perindustrian dan Perdagangan.

Sementara itu, pihak Politeknik Negeri Banjarmasin menyebutkan penyulingan minyak serai wangi menggunakan Alat destilasi vacum reactor kapasitas 300L untuk menyuling minyak serai selama 6 jam.

“Minyak serai memiliki produk turunan berupa sabun cuci piring, karbol aroma serai, minyak urut piwad, dan bio pestisida,”jelasnya.

Kedepannya diharapkan terlaksana MoU mengenai minyak serai wangi antara Pemerintah Kabupaten Banjar melalui DKUMPP Banjar dengan Politeknik Negeri Banjarmasin dalam upaya penyebaran unit alat penyulingan minyak serai ke Kecamatan lainnya.

“Sehingga produk-produk turunan dari minyak serai wangi dapat dipasarkan ke pasar swalayan, online, maupun offline dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan kesejahteraan masyarakat desa 3A untuk mempercepat pemulihan ekonomi,”tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)

Sumber : InfoPublik