Martapura, InfoPublik – Sebanyak 80 pelaku UMKM di Kabupaten Banjar ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, di Aula Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan ini merupakan kerja sama DKUMPP Banjar bersama BPJS Ketenagakerjaan serta Bank Kal-Sel cabang Martapura.

Program BPJS ketenagakerjaan sangat penting karena menyangkut perlindungan terhadap tenaga kerja atas kegiatan usaha yang mereka lakukan yang memiliki resiko terutama kecelakaan kerja dan Jaminan hari tua.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan penjelasan tentang manfaat dan keuntungan bagi UMKM yang menjadi Peserta BPJS ketenagakerjaan mulai dari biaya pengobatan, kecelakaan kerja, Santunan tunai dari kecelakaan atau kematian, Biaya siswa untuk anak, dan Pensiun hingga tabungan hari tua, dan ini tergantung Program BPJS ketenagakerjaan yang diikuti.

Sementara, Bank Kal-Sel Cabang Martapura dalam paparannya memberikan Bantuan Pembayaran Premi BPJS Ketenagakerjaan untuk bulan pertama  sampai dengan bulan ke 3 bagi UMKM yang memiliki rekening Tabungan Bank Kal-Sel untuk Bulan ke 4 selanjutnya dibayar mandiri.

Sedangkan Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Mede Suryawati mengatakan agar UMKM Kabupaten Banjar dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena banyaknya manfaat dan perlindungan yang diperoleh bagi peserta BPJS ketenagakerjaan, apalagi untuk bulan pertama sampai dengan bulan ketiga untuk premi mendapat subsidi dari Bank Kal-Sel Cabang Martapura. Dan untuk peserta yang hadir di harapkan agar memberi tahukan kepada UMKM yang Lainnya. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)