Martapura, InfoPublik – Meningkatkan kesejahteraan bagi petani dan nelayan dengan penguatan kelembagaan koperasi di Kecamatan Aluh Aluh.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Banjar I Gusti Made Suryawati pada kegiatan Penguatan Kelembagaan di Desa Labat Muara dan Desa Bakambat pada Koperasi Karya Mina Bersama  dan Koperasi Karya Bina Membangun, Selasa (20/9/2022).
Melalui Kegiatan Penguatan Kelembagaan yang dilaksanakan Bidang Perkoperasian Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Koperasi Ridha Maya Rosanti didampingi oleh Kepala Bidang perkoperasian Farida Ariyati.
Dengan memberikan Pembinaan dan Pengarahan mengenai tata kelola aspek kelembagaan, Administrasi, Usaha dan Keuangan dengan demikian Koperasi dapat diarahkan agar koperasi benar-benar menerapkan prinsip koperasi sehingga tumbuh sebagai organisasi yang mantap, demokrasi, otonom, partisipatif dan berwatak sosial.
Menurut Kabid Perkoperasian Faridah Ariyati berdasarkan data sampai akhir tahun 2021 jumlah koperasi di Kabupaten Banjar sebanyak 254 unit, jumlah koperasi yang aktif 167 unit, yang tidak aktif 87 unit.
Lanjutnya, I Gusti Made menyampaikan arah kebijakan dan strategi pembangunan koperasi dan UMKM sampai dengan 2024 yakni stabilitas ekonomi daerah, peningkatan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran serta peningkatan daya saing UMKM dan koperasi sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar (“naik kelas” atau scaling-up) dalam  rangka untuk mendukung kemandirian perekonomian daerah.
Adapun strategi yang dilakukan meliputi penguatan kelembagaan koperasi, peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi koperasi dan  UMKM, peningkatan akses terhadap sumber daya produktif, pengembangan produk dan pemasaran bagi koperasi dan UMKM serta peningkatan daya saing SDM koperasi dan UMKM. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)